Makna Logo Telkom University

Halo teman-teman mahasiswa, pada kesempatan kali ini Saya mau berbagi pengetahuan tentang logo kampus tercinta kita ini, sudah pada tau kan logonya seperti apa? Kalo belum kebangetan. Tapi udah pada tau maknanya belom? Sebagai mahasiswa seharusnya kita kritis, kenapa logonya seperti itu? kenapa warnanya jadi merah? bukannya dulu kampus telkom dikenal sebagai kampus biru? apa ini ada hubungannya dengan koalisi parpol yang gagal kah? Nah, daripada berprasangka yang enggak-enggak akibat teori konspirasi tersebut, alangkah baiknya kita cari tau makna sebenarnya dari logo ini.

Dikutip dari wikipedia.com, berikut adalah penjelasan logo baru Telkom University.

Lambang Telkom University terdiri dari logogram “buku terbuka di atas perisai” yang secara kesatuan membentuk huruf “T” di atas huruf “U” dan tulisan “Telkom University”. Makna bentuk dasar “buku terbuka di atas perisai” pada lambang Telkom University:

  1. Bentuk dasar berupa “perisai” melambangkan institusi akademik yang kokoh dan memiliki daya juang tinggi.
  2. Bentuk utama berupa “buku terbuka” di atas perisai melambangkan keterbukaan pikiran dan imajinasi, siap mengembangkan inovasi dan keilmuan baru.
  3. Inisial huruf “T” dari kata “Telkom” memberikan makna identitas dan kebanggaan untuk bersama mengembangkan diri.
  4. Inisial huruf “U” dari kata “University” pada bentuk dasar perisai memaknakan landasan konsep komunitas pendidikan dan riset bernilai tinggi untuk kemajuan bangsa dan dunia.

Pemaknaan warna pada lambang Telkom University:

  1. Merah, melambangkan semangat eksplorasi dan keberanian menciptakan keilmuan baru dengan dilandasi oleh tekad yang kuat untuk membangun bangsa dan kebangsaan, sehingga mampu berperan aktif di lingkungan global.
  2. Putih, melambangkan tata-kelola yang bersih dan bertujuan murni untuk mengembangkan kualitas pendidikan dan kemanusiaan.
  3. Hitam, melambangkan ketegasan prinsip dan keyakinan sebagai dasar untuk mengembangkan Tridharma Perguruan Tinggi serta bagi tercapainya tujuan Universitas.
  4. Abu-abu/perak, melambangkan teknologi modern sebagai modal dasar bagi Keluarga Besar Telkom Indonesia dalam membangun Telkom University agar menjadi perguruan tinggi dengan kekhasan pada ICT (Information and Communication Technology) sebagai basis pengembangan keilmuan maupun pemanfaatannya untuk penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Kombinasi merah-putih, melambangkan spirit kebanggaan dalam berkarya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan kontribusi yang setinggi-tingginya.
  6. Kombinasi abu-abu/perak dan hitam melambangkan kekuatan karakter bijaksana dan cakrawala pandang universal, sehingga memiliki daya adaptasi yang kuat terhadap perubahan di segala bidang.
  7. Perpaduan intensitas warna merah dengan merah tua/marunperak dengan abu-abu tua, melambangkan dinamika kampus yang aktif sebagai tempat terjadinya proses integrasi, kolaborasi dan sintesa antar-disiplin keilmuan.

Nah, bagaimana teman-teman? sudah tau kan kenapa logonya seperti itu, Saya sendiri baru tahu ternyata logo Telkom University memiliki makna yang dalam, dengan mengusung tema modern tapi tetap nasionalis. Keren.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *