Program Lingkaran

Kali ini kita akan membuat program lingkaran, program ini bisa mengkalkulasi atribut-atribut lingkaran seperti keliling, luas dan diameter lingkaran.

Untuk inputan masih menggunakan teknik debugging seperti program-program yang sudah kita buat terlebih dahulu, inputan berupa radius / jari-jari yang langsung dituliskan di method test(). Berikut kodingannya.

/**
 *
 * @author Rachmat Fahmi Aziz
 */
public class Lingkaran {
    private double radius;
    
    public Lingkaran(){
    
    }
    
    public Lingkaran(double radius){
        this.radius=radius;
    }
    
    public void setRadius(){
        this.radius=radius;
    }
    
    public double getRadius(){
        return this.radius;
    }
    
    public double hitungDiameter(){
        return 2*radius;
    }
    
    public double hitungKeliling(){
        return 2*radius*Math.PI;
    }
    
    public double hitungLuas(){
        return radius*radius*Math.PI;
    }
    
    static void test(){
        Lingkaran l = new Lingkaran(10);
        System.out.println(l);
    }
    
    public static void main(String[] args){
        test();
    }
    
    public String toString(){
        String str = 
                "Lingkaran"+"\n"+
                "Radius"+"\t"+": "+radius+"\n"+
                "Diameter"+": "+hitungDiameter()+"\n"+
                "Keliling"+"\t"+": "+hitungKeliling()+"\n"+
                "Luas"+"\t"+": "+hitungLuas()+"\n";
        return str;
    }
}

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *