SEO Specialist

Akhir-akhir ini, seiring perkembangan teknologi dan informasi, pekerjaan di bidang ini pun semakin meningkat dan bertambah, salah satunya adalah SEO Specialist. Apa itu SEO Specialist? Apa saja pekerjaannya? Kali ini saya akan membahas tentang pekerjaan ini. Tapi sebelumnya alangkah baiknya kalau kita pahami dulu apa itu SEO.

SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, dimana dengan menggunakan SEO diharapkan kata kunci / keyword yang ditargetkan bisa di index di halaman pertama dalam mesin pencari (Search Engine), contohya google. SEO dapat menargetkan berbagai jenis pencarian, termasuk pencarian gambar, pencarian lokal, pencarian video, pencarian akademik, pencarian berita dan mesin pencari vertikal industri-spesifik.

Bayangkan anda mempunyai sebuah perusahaan, misalkan perusahaan mobil. Apa yang terjadi saat seseorang melakukan pencarian di mesin pencari dengan kata kunci “mobil”, pasti akan muncul sangat banyak hasil pencariannya mengingat banyaknya pabrikan mobil, apa yang bisa anda lakukan agar halaman website anda menjadi yang terdepan saat seseorang mencari kata kunci tertentu, tentu bisa dengan mengoptimalkan SEO dari website anda. Itulah gunanya SEO Specialist

SEO Specialist

SEO Specialist adalah orang yang ahli dalam mengoptimalkan SEO, sehingga halaman website suatu perusahaan menjadi yang paling terdepan saat seseorang melakukan pencarian terhadap kata kunci tertentu. Dengan begitu seorang SEO Specialist menjadi sangat penting dalam Marketing Strategy suatu perusahaan. Umumnya SEO Specialist dibutuhkan di perusahaan digital marketing.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan SEO suatu website, salah satu diantaranya adalah dengan melakukan backlink terhadap website itu dengan menghubungkannya dengan beberapa websupport, dimana intinya, setiap tulisan dari websupport mengandung sedikitnya satu link yang akan mengarah langsung ke halaman website utama, sehingga halaman website utama akan sering dikunjungi orang. Otomatis mesin pencari akan mengindeks website utama tersebut ke halaman pertama mesin pencari.

seo-expert

Contoh penggunaan websupport : Hello, my name is Rachmat Fahmi Aziz. Nice to meet you.

Dapat dilihat, saya me-link-kan halaman ini dengan website utama saya, menggunakan kata “Rachmat Fahmi Aziz”.

Beberapa tanggung jawab dari seorang SEO Specialist:

  • Memastikan bahwa semua situs web yang dikembangkan sudah dioptimalkan secara teknis untuk menarik dan melibatkan para pengunjung website.
  • Membuat arsitektur teknis yang diperlukan dalam pengembangan SEO
  • Membangun sistem dan protokol internal yang menjamin semua konten dioptimalkan di semua platform dan pengalaman pengguna (website, ponsel, sosial, video, blog, ritel portal dll)
  • Membuat laporan terhadap client tentang performa dari SEO website yang sedang ditangani
  • Mempromosikan baik offsite maupun onsite dan juga mempertahankan interaksi yang membangun peringkat, profil dan lalu lintas website.

Tools

Beberapa tools pembantu yang mungkin dan harus bisa dikuasai oleh SEO Specialist adalah google analytics dan google adwords, keduanya merupakan produk google.

Google analytics, berfungsi untuk megawasi performa website, melihat page mana yang paling banyak dikunjungi, melihat demografi pengunjung, mulai dari usia, jenis kelamin dan tempat asal. Dimana dari hasil data itu seorang SEO specalist diharapkan bisa menganalisa dan bisa menggunakan hasil analisa untuk merencanakan strategi kedepannya.

Google adwords, digunakan untuk beriklan di mesin pencari google, sistemnya seperti bidding, dengan sedikit ‘berjudi’ yang intinya adalah kita memesan/melakukan bidding di sebuah keyword, yang nantinya kita bisa membuat iklan dengan menggunakan keyword tersebut. Bilamana ada visitor yang melakukan searching menggunakan keyword yang kita bidding, nanti akan muncul iklan kita di halaman mesin pencari, dalam hal ini google.

Bagaimana, jadi SEO Specialist menyenangkan bukan? anda tertarik? saya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *