POP3

https://www.youtube.com/watch?v=E79Srfr6PYo

Dikutip dari wikipedia, POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email.

POP3 adalah salah satu protokol yang berada pada layer aplikasi. Protokol ini erat hubungannya dengan protokol SMTP dimana protokol SMTP berguna untuk mengirim surat elektronik dari komputer pengirim ke server.

Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung surat eletronik untuk sementara sampai surat elektronik tersebut diambil oleh penerima yang berhak. Kehadiran server surat elektronik ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima surat elektronik yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet. Protokol ini dispesifikasikan pada RFC 1939.

Istilah POP3 artinya POP (Post Office Protocol) generasi 3, karena sebelumnya ada POP2 (pada awal tahun 80an) dan POP1. Perbedaannya POP2 harus digunakan bersama dengan SMTP, sedangkan POP3 dapat bekerja sendiri.

Cara kerja dari POP3 adalah :

  1. Client melakukan koneksi ke server.
  2. Server akan meminta username dan password dari user / client.
  3. User / Client memasukkan username dan password.
  4. Apabila password dan username correct, server akan menampilkan list email yang ada di server milik user.
  5. User bisa melihat isi detail dari setiap email.

Untuk lebih jelasnya, kami telah membuat sebuah video yang menggambarkan cara kerja dari POP3.

 

https://www.youtube.com/watch?v=E79Srfr6PYo

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *